Bismillah..

Sahabat Muslimah, biasanya untuk roti/kue, lebih suka beli atau bikin sendiri?

Tentunya, kalau mau praktis ya mending beli, bayar tinggal hap.

Tapi, kalau mau lebih hemat dari segi biaya, apalagi jika bahan-bahan tersedia di rumah, kenapa tidak? Apalagi ada keistimewaan tersendiri jika kita berhasil menyajikan hidangan spesial untuk keluarga.

Hanya saja, kalau bikin sendiri itu lebih ribet, ya kan?

Di antaranya seperti ini?

1⃣ Pertama, mesti cari resep dahulu. Alhamdulillah jika Sahabat punya resep andalan, bisa dari kursus atau bocoran dari masternya. Tapi jika tidak ada? Ya mesti siap dengan konsekuensi eror yang mungkin saja ada.

Lihat resep di internet? Tidak seluruhnya benar-benar terbukti memuaskan. Ternyata para pembuat konten masakan di internet juga sering eror, apalagi jika mereka bukan spesialis di sana. Intinya, kita mesti coba sendiri hingga akhirnya menemukan resep andalan kita.

2⃣ Kedua, mesti menyiapkan bahan dan alat. Biasanya resep kue atau roti minimal membutuhkan 4 bahan, seperti tepung, telur, gula, dan air. Itu baru bahan utama, bahan pelengkapnya tentunya ada lagi, misal ragi, susu bubuk, baking powder, dan lainnya. Kalau Sahabat yang sudah biasa bikin kue, tentu sudah tidak asing lagi dan biasanya di rumah selalu nyetok dari sisa bahan sebelumnya.

Kalau yang belum atau jarang? Tentu mesti beli bahan-bahannya dulu dan biasanya mesti beli agak banyak. Misal, di resep cuma butuh terigu 100 gram, tapi kita mesti beli minimal 250 gram atau 500 gram. Jarang sekali toko yang menyediakan terigu 100 gram, kecuali harganya jadi lebih mahal. Contoh lainnya, kita hanya butuh ragi 1 sendok teh, tapi tidak mungkin kita hanya membeli 1 sendok teh juga, minimal kita membeli 1 bungkus kecil kemasan 11 gram. Betul?

Begitupula dengan alat-alatnya. Minimal kita mesti punya media cetakan atau loyang kue atau roti dan alat untuk memanggangnya. Adapun alat-alat lain seperti whisker, kuas, spatula saringan, wadah hingga mixer juga diperlukan tergantung kebutuhan.

3⃣ Ketiga, mesti mengerahkan sebagian waktu dan tenaga kita untuk membuatnya. Alhamdulillah jika Sahabat sudah terbiasa, sehingga udah hafal reseonya, cara membuatnya, dan paham tips dan trik membuatnya.

Tapi jika belum? Mesti siap dengan konsekuensi gagal setelah waktu dan tenaga telah kita kerahkan. Bahkan terkadang, yang sudah jago pun masih bisa mengalami eror, bukan?

4⃣ Keempat, mesti membersihkan perkakas dan dapur setelah membuat kue. Nah ini dia terkadang yang membuat kita jadi berat untuk berkreasi. Meski membersihkan sendiri dapur dan perkakas yang digunakan usai membuat kue atau roti. Alhamdulillah jika ada yang bantu, jika tidak? Sabar dan tetap semangat ya Sahabat! ^^

Ada lagi tambahannya Sahabat?
Sebelum kita lanjut ke pembahasan “Kupas Tuntas Rahasia Sukses Memanggang Kue dan Roti Tanpa Oven Tanpa Baking Pan”

Komen yuk di bawah ini atau chat langsung Bumin melalui whatsapp. #senyum

Bagikan...
Share on Facebook
Facebook