Bismillah.. Nah Sahabat, setelah baca ini:

Bikin Kue atau Roti? Susah atau Gampang? – Empat Alasan yang Hanya Bisa Dirasakan oleh yang Pernah Membuat Kue atau Roti

kira-kira masih mau bikin sendiri atau mending beli aja?

? Tapii kalau beli, kadang harganya lumayan mahal… Paling murah itu 35 ribuan, malah ada yang nyampe ratusan ribu..

? Eits, sebenarnya harga tersebut terbilang wajar untuk kue. Apalagi jika ada yang jual 20 ribuan, itu benar-benar sangat murah!

? Karena pengalaman Bumin sendiri, bahan-bahan untuk kue memang lebih komplit daripada roti yang harganya lebih murah. Selain itu, beda resep tentu beda juga modalnya, dan pastinya beda juga rasanya, dan harganya pun jadi ngikut. Na’am, karena kualitas sesuai harga.

⚠️ Jadi, kurang ahsan jika kita katakan kue di sini terlalu mahal, kue yang di sana jauh lebih murah. Bisa jadi bahan baku dan tingkat kesulitannya memang beda, kan? Kecuali jika bahan-bahannya 100% sama dan tingkat kesulitan serta packaging-nya juga 100% sama.

❓Tapi apa kita sudah pernah survei sejauh itu?

? Selain bahan baku, tentunya juga untuk biaya packing, listrik atau gas, biaya antar, dan juga biaya cuci piring, namun sepertinya ini kerap dilupakan alias dianggap gratis.

⏰ Ditambah lagi, waktu dan tenaga yang dikerahkan untuk membuatnya. Begitupula soal membersihkan perkakas dan dapur. Belum lagi waktu, biaya, dan tenaga yang dikerahkan untuk promosi.

? Apalagi jika ternyata dalam proses pembuatannya terjadi error. Bisa saja bukan untung yang didapatkan, tapi malah jadi rugi. Betul?

? Satu lagi yang penting, ilmu , pengalaman dan keterampilan untuk menghasilkan makanan yang tidak hanya lezat, tapi betul-betul memuaskan dan bermanfaat bagi yang menikmatinya ✅.

⚠️ Tidak hanya makanan semisal kue atau roti, pun makanan lainnya, tapi termasuk juga berbagai produk lainnya hingga jasa. Inilah yang sebetulnya paling layak dibayar mahal ?. Betul?

 

? Jadi, penjual berhak menetapkan harga berapapun untuk produk atau jasanya. Kita tidak berhak untuk protes, hingga minta diturunkan harga. Apalagi sampai membanding-bandingkan hingga memprovokasi orang lain sehingga orang lain jadi berubah pikiran. 

⛔️ Jika dirasa harganya belum sesuai budget kita, kita juga berhak memilih, apakah tetap membeli di tempat tersebut, atau menundanya di lain waktu, atau beli di tempat lain yang harganya sesuai budget, atau memilih untuk bikin sendiri.

❔❓Sahabat pilih yang mana? Atau mau coba bikin sendiri? ?

? Tapi, alat-alatnya belum lengkap? Takut gagal? Masih belum percaya diri? Masih kurang pengalaman?

?Sahabat jangan khawatir, insyaAllah Bumin ada solusinya berdasarkan pengalaman dan percobaan sendiri. Alat-alat belum lengkap? Tidak masalah. Asalkan Sahabat berani mencoba!

? Kapan lagi bisa menyajikan hidangan spesial buatan sendiri untuk keluarga? Apalagi jika melihat mereka memakannya dengan lahap, bahagia sekali bukan?

? Kalau bikin sendiri, kita juga bebas berkreasi membuat makanan seperti apa yang kita inginkan, yang kadang belum ada yang jual atau mungkin yang biasa menjualnya tengah libur jualan.

? Dan kalau bikin sendiri, kita bisa merasakan posisi orang yang jualan, bahwa tidak semudah untuk menghasilkan sesuatu, bukan? Jadi kita paham untuk tidak mudah menawar jika hanya beli 1, tidak seenaknya minta lebih atau bonus padahal kita bayar dengan harga yang sama, tidak iseng bertanya jika memang tidak ada niat beli, tidak bermudah-mudahan membatalkan pesanan meskipun belum ready sama kita, tapi siapa tahu penjual sudah repot membelikan bahan dan menghabiskan waktu untuk melayani kita, bukan? Setuju?

Nah bagaimana Sahabat? Siap untuk mencoba? #Senyum.

Bagikan...
Share on Facebook
Facebook