📌 Sahabat, setelah mencoba yang ini

Kupas Tuntas Rahasia Sukses Memanggang Kue Tanpa Oven Tanpa Baking Pan – Sharing Hasil Percobaan Sendiri Memanggang Kue Hanya dengan Wajan/Kuali atau Panci

ada satu hal penting yang perlu diingat jika menggunakan media alternatif. Seperti halnya menggunakan wajan/kuali atau panci sebagai media alternatif untuk memanggang kue.

📌 Yaitu hasil yang didapat dari media alternatif tentunya tidak bisa disamakan dengan hasil dari media pada umumnya, apalagi jika dibandingkan media yang berkelas. Memanggang kue dengan oven apalagi oven listrik, tentu beda hasilnya dengan memanggang kue di panci. Bahkan memanggang kue dengan oven saja kadang masih ada yang gagal, apalagi dengan media alternatif.

🔍 Jika misal menghindari gosong, lalu kita memilih untuk dikukus pun, tetap kadang ada gagalnya, entah kuenya jadi basah, hancur, dan lain sebagainya.

💡Jadi, intinya kita tetap semangat mencoba. Jika gagal kali ini, jangan menyerah untuk mencoba lagi, tapi jangan lupa untuk mempelajari letak kesalahannya dimana agar di masa depan tidak terulang lagi kesalahan yang sama. InsyaAllah.

⛔️ Kalau gitu gak usah aja mencoba, apalagi memanggang kue dengan wajan/panci! Ada-ada saja…

⚠️ Eits, kembali lagi, dengan tujuan kita apa? Kalau misal hanya iseng-iseng, ya mungkin tidak perlu. Kalau tidak ada oven, mungkin mending beli saja yang sudah ada, apalagi untuk persiapan dan proses membuatnya juga tidak mudah. Tapi, jika tujuannya untuk menyajikan hidangan spesial untuk keluarga atau mungkin dihadiahkan pada tetangga atau saudara, namun di satu sisi perlengkapan masih belum lengkap, inilah saatnya Sahabat mencobanya ✅.

🍮 Kadang, kalau hanya kukus, kita pun kadang bosan jika bolu kukus terus bukan? Sesekali Sahabat ingin juga mencoba sesuatu yang beda, kan? Apalagi jika nanti hasilnya memuaskan, masyaAllah, seru sekali bukan?

🔎 Tapi masih takut gagal?

📝 Tenang, insyaAllah Bumin juga sudah siapkan tips dan trik untuk meminimalisir kegagalan, biidznilah. Yuk kita simak Sahabat:

1⃣ Jika memilih wajan/kuali, pilih yang paling cekung. Jika kurang cekung, gunakan tatakan atau penyangga kukusan.

Begitupula jika menggunakan panci, gunakan penyangga kukusan atau tatakan sebagai penyangga loyang kue.

Ini untuk menghindari panas api langsung ke loyang kue, meskipun tatakan kompor sudah dibuat 2 tingkat. Karena, pada dasarnya material oven dan wajan tentu berbeda. Bahkan untuk oven saja, kadang lebih dianjurkan menggunakan rak tengah, apalagi jika menggunakan wajan atau panci?

Kemudian, penyangga tersebut jika bertujuan agar posisi adonan kue lebih merapat ke atas sehingga kue mendapatkan panas dari atas juga.

2⃣ Untuk wajan atau panci diutamakan yg tidak terpakai atau jarang terpakai.

Hal ini dilakukan untuk menghindari was-was terhadap risiko semisal wajan atau panci bocor. Apalagi untuk panci/wajan yang kita tidak tahu betul ketahanannya sejauh apa.

3⃣ Untuk tutup wajan/panci, gunakan yang benar-benar menutup seluruh area panci atau wajan.

Hal ini untuk mendapatkan panas yang sempurna. Tapi, jika tidak bisa menutup seluruhnya, minimal dapat menutup rapat loyang kue. Jadi, sesuaikan ukuran loyang kue, wajan atau panci, dan tutupnya.

4⃣ Jangan membuka tutup panci atau wajan jika tidak dibutuhkan.

Sebagaimana memanggang dengan oven, begitupula memanggang dengan wajan/panci. Karena ini dapat mengganggu proses kue untuk mengembang dan membuat panas dalam wajan/panci menjadi berkurang.

5⃣ Waktu panggang 50-65 menit di atas bisa berbeda tergantung resep, ketebalan wajan atau panci, dan api kompor.

Biasanya untuk resep dengan 3 dan 4 telur, mulai dicek di menit ke-50. Tapi, jika hanya 2 telur atau mungkin menggunakan setengah resep, biasanya mulai dicek di menit ke-45.

Jika misalnya di menit ke-65, adonan kue masih ada yang lengket, cek setiap 1 menit tanpa memperbesar api kompor. Jika api kompor diperbesar di pertengahan atau di akhir waktu panggang, bisa berisiko gosong.

6⃣ Pastikan kondisi gas memadai untuk memanggang kue. Jangan sampai gas habis saat kue tengah dipanggang, karena bisa mengakibatkan kue gagal mengembang alias bantet. Adakah Sahabat yang pernah mengalaminya?

7⃣ Pastikan Sahabat mengikuti prosedur dengan benar. Termasuk jangan lupa untuk memerhatikan waktu. Kecuali jika Sahabat memang ingin bereksperimen sendiri dan memberikan inspirasi baru. #Senyum.

 

 

Bagikan...
Share on Facebook
Facebook